Tips Sebelum Pentas Di atas Panggung

TipsJika loe anak band, tentu banyak hal yg mesti loe perhatikan saat sebelum pentas diatas panggung, jangan pernah menyepelekan hal kecil yang akhirnya dapat menjadi masalah besar di atas Panggung.

Berikut berapa tips sederhana yang mesti loe persiapin sebelum pentas diatas panggung :

1. Kabel Jack
Sangat penting di ketahui, Di atas panggung terkadang loe tidak mengetahui kualitas kabel, apakah masih bagus atau tidak? jika kurang hati-hati maka akan menjadi bumerang buat loe, aliran signal flow terganggu .. dan brebet..brebet ! Sebaiknya bawa sendiri atau pakai milik sendiri, dengan catatan kabel layak pakai. Nah, jika kabel punya sendiri, check kabel, solderan dan kondisi jack sebelum manggung apakah dalam keadaan baik.

2. Bass/gitar yg akan dipakai

Periksa keadaannya, Check potensio, jika sudah aus & kresek-kresek cepat ganti, agar tidak menimbulkan bunyi menggangu yang tidak enak di dengar saat dipakai.

3. Senar
Bedakan antara senar untuk latihan dan manggung! artinya jika loe manggung pasanglah senar yg spesialis untuk manggung dan ganti kembali setelah habis manggung dengan senar untuk sehari-hari latihan! kenapa demikian? karena jangan sampai saat loe manggung sound mendem atau fals-fals karena pakai senar lama. Siapkan pula senar cadangan jika senar gitar loe putus.

4. Batery 9 volt
Jika bass loe active ganti pakai batery baru, agar suara maksimal. Jangan pakai batery lama walaupun baru seminggu di ganti ! batery baru tentu akan mengeluarkan sound yang sangat baik!! dan ini sering sekali terjadi lupa mengganti bateri hingga waktu diatas panggung suara bass timbul tenggelam, kacau !

5. Membawa Ampli
Jika membawa ampli sendiri, check sekali lagi, apakah ampli loe layak pakai manggung. Jika pakai amply tabung cek kondisi emisi tabungnya. Banyak terjadi saat manggung tabung (Tube) nggak berfungsi maksimal, Periksa 1 per 1 potensio Tone controlnya, jika ada kerusakan segera perbaiki.

6. Effect Wiring
Periksa kebel wiring effect to effect, apakah ada masalah atau tidak, cek satu persatu, agar saat manggung tidak menjadi masalah.

7. Strap
Barang kecil ini sering kali tertinggal saat mau manggung, ada baiknya diceck lagi apakah sudah tersimpan baik di Softcase / hardcase atau belum, jangan sampai saat manggung meminjam strap punya orang yang settingan panjangnya berbeda.

8. Sound Man
Ini sering terjadi habis manggung langsung pulang, tidak mengucapkan terimakasih pada sound man yg ada di FOH mixer, Ada baiknya menghargai dan mengenal mereka agar begitu bertemu lagi di kemudian hari, sound loe akan bagus dibuatnya.

9. Jangan pinjamkan barang/alat loe
Jika memungkinkan jangan pinjamkan alat loe pada teman saat loe sedang satu panggung dengan mereka, apalagi Instrument andalan, Untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan seperti terjatuh sebelum loe sendiri menggunakannya. Jadi amankan dulu untuk keperluan manggung loe, setelah itu bisa loe pinjamkan. [Budy Kurnia/aa/streetbass.org]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s