Bagaimana bermain BLUES ?

By : Andrie Tidie [ http://www.gitargila.com ]

steven johnson ~ strummin blues

steven johnson ~ strummin blues

 

 

Talkin’ Blues ( Not For Slackers or Beginners ) – Font : Arial Western – Size 10

The Secret is out now ! How do i play the Blues ?
I always alternate between playing Major sound and Blues or Minor sound.
So ? Aku selalu gonta ganti bermain Major dan Minor with blue note b5.
I called it : Major and Minor Interchange
Main Major dan Minor ini sepertinya sudah menjadi tradisi semua jenis musik di Amerika yang sering disebut Americana Music.
Itu mencakup Blues, Country, Rockabilly, Rock N’ Roll dan Jazz serta termasuk semua jenis musik keturunan nya seperti Psychedelic, Hard Rock, R N’ B etc.

Lick “Chuck Berry” ini jadi ilustrasi paling gamblang mengenai Major Minor Interchange :
Gonta Ganti A major dan A minor.

 

 

Key of A

II——————-5—5—5———————-5—5—5———    Repeat twice.
II——–5—8—-5—5—5———–5—8—–5—5—5———
II—-6————-6—6—6——-6————-5—-5—5——–
II————————————————————————
II————————————————————————
II————————————————————————

Misalnya “musik” itu disamakan dengan “bahasa”, maka Blues itu ibarat ngomong Inggris logat Bronx. Anda tidak akan dianggap bicara logat Bronx jika anda merangkai kalimat bahasa Inggris versi anda sendiri yang ke-Melayu Melayu-an tanpa menjadi akrab dengan Tradisi logat bicara di Bronx sono.
Anda tidak bisa merangkai Lick Lick versi anda sendiri tanpa mengerti “Pakem2 nya” lalu berkata : This is Blues Dude ! kepada seorang Gitaris Blues dari Chicago.
Atau seorang Singaporean yang nge-Rap di jalanan Downtown L.A dan berkata : Yo..check this out ! This is Hip Hop ‘Bro !!………………….bummer !

Basic guide line is this : Key of A

Main “Blues scale” secara Descending atau dari not tinggi ke rendah, kenapa ? Karena Albert King yang jadi “Blue Print” dari gitar Blues adalah pemain “kidal” dengan snar normal yang tidak dibalik. Begini cara bicara Albert King yang jadi “Blue Print” logat Bronx itu.
Dia selalu main mulai dari snar paling bawah nya yang merupakan snar satunya itu.
Sementara bagi kita kita yang normal maka lick lick Albert itu akan mulai dari snar paling atas ( snar satu ). Lick lick Albert King selalu dimulai dari snar tinggi ke rendah alias “Descending”.
Kemudian Oom Albert petik dengan jempolnya downstroke tapi main-nya kidal dengan snar normal tanpa dibalik. Itu berarti bagi kita yang normal adalah “Upstroke”.

Tapi kenapa harus begitu ? Aku mau main versi sendiri aja ! Terserah, boleh boleh aja, tapi apakah anda mau jadi seperti orang Singapore yang nge-Rap dijalanan L.A dengan logat Cina-nya itu ?

II—–8——————————————————–    Telunjuk di fret 8 snar satu sedikit di bend
II———–10—8——————————————-     Snar dua fret 8 ke 10 boleh di Pull Off
II———————–9—-8—-7—-5———————    All attack and fret 5 snar 3 di tarik kebawah
II———————————————–7—–5——-     Fret 7 ke 5 snar 4 boleh di Pull-Off
II—————————————————————-
II—————————————————————-
II—————————————————————-

Untuk “Major”, aku selalu main “Ascending” dari rendah ke tinggi dengan basic lick yang sering disebut dengan nama “A Shave and a Hair Cut” oleh para BlueGrassers.
Hair cut lick ini yang menjadi basic dari seluruh musik Rock, mulai dari Rock N’ Roll riff Chuck Berry, Elvis Presley, Stray Cats sampai AC/DC dan Pantera.

II——————————————————————————-12———
II—————————————————10—-12—13—14——————
II————————————–9—-11———————————————
II—————7—-9—10—11———————————————————
II—–7—9———————————————————————————
II——————————————————————————————–

Rock N’ Roll Riff dari lagu “BeBop Alula” adalah contoh dari “Hair cut” lick yang aku maksud ini.
Lick semacam ini dengan segala variasi dan tipe sound bisa kamu dengarkan disegala macam jenis musik Rock dulu sampai sekarang.

Contoh nyata :

Misalnya aku akan main Blues, maka sebagai Intro pembuka aku akan mainkan suatu “Turn Around” lick, lick yang biasa dimainkan pada bar 11 dan 12 dari 12 bar Blues yang berfungsi sebagai lick “Putar Balik”. Turn Around lick ini mungkin aku curi dari Robert Johnson “Kind Hearted Woman”.
Lick lick Turn Around cocok dipakai sebagai Intro maupun Ending selain “off course” bagian turn around dari suatu lagu Blues.

Turn Around Robert Johnson di Key of A ( geber aja seluruh senar gitarmu, semuanya pasti OK ).
Kalo mau lebih rapi, boleh Damping snar 6 dan 1 plus 3, kalo aku suka geber semua biar kotor.

II——————————————————————-
II——-5———–5———–5————5——————
II—0——0—-0—–0—-0——0—-0——-0————- Let Ring !!
II—5——5—-4—–4—-3——3—-2——-2————-
II——————————————————————-
II——————————————————————-

Contoh : Intro dari “Red House” Hendrix yang merupakan suatu Turn Around lick.
Setelah itu sebagaimana Hendrix di Red House atau SRV di Texas Flood, maka aku akan segera melakukan bending in-yer-face, disusul dengan trade mark lick dari “T.Bone Walker” yang hammer-on di 9th, sebagaimana kedua Legend diatas itu selalu lakukan.

Lick “T.Bone Walker” yang “being over used” oleh SRV dan Jimi Hendrix.

II—-5—————————-7—-5/7/5——-  ( Hammer-On and Pull-Off  5 – 7 -5 )
II——–5—————5—8———————-
II————7–5-/6——————————–
II—————————————————–
II—————————————————–
II—————————————————–

Bending In-Yer-Face : Adalah bending and Release Bend yang tegas dan tidak malu malu dengan all “Up Stroke” yang nge-snap, seakan akan berkata pada dunia : “Nih !!”
Kenapa “Up-Stroke” ? Sekali lagi berkiblat ke bending nya Albert King yang terbalik itu.
Albert King nge-bend dengan down stroke pake jempol yang kuat pada sebuah Gitar yang dibalik pake tangan kiri dengan snar normal tidak dibalik.
Jadi gimana caranya meng-emulasi bending Albert King yang merupakan “Blue Print” nya Blues ?
Ya..Up Stroke lah !! Perhatikan SRV atau Santana kalo bending, bagaimana pickingnya ? Up stroke Dudes !!

TIPS : Kalo mau main Mucho Aggresive, mainkan “Scratching Up Strokes” untuk setiap not-mu dan let it snap ‘maann !

Oks, setelah itu progresi turun ke 4th, maka aku akan mainkan Major sound secara “Ascending” yang terdengar sangat keren saat chord pindah ke 4th, ditambah bending yang masuk ke chord tone 3rd ( not “Mi” ) dari chord ke 4th itu, ditahan sebentar tanpa vibrato agar impact-nya berasa.

Antisipasi untuk masuk ke chord 4th atau D7 dikunci A ( mainkan juga di oktaf fret 14 )

II——————————–5————————
II—————–3—–b/-5——————————   ( bend whole step ke fret 7 and let ring )
II——2—-4———————————————
II———————————————————–
II———————————————————–
II———————————————————–

TIPS : Mau kedengaran Super Cool saat chord pindah ke 4th ? Main kan Major !

Next, lalu chord balik ke “satu” dimana aku akan mainkan “Blues Descending Lick” dari trade mark Albert King. Pada bar ke 8 antisipasi ke bar 9 maka waktunya untuk Lick trade mark dari “Lightning Hopkins” yang khusus buat masuk ke chord 5th, yaitu sliding double stops lick penuh dengan symphathetic open string drone a’la SRV.

Lightning Hopkins drone lick : Slide In and repeat for as long as E7 chord last and let ring !!
Yang ini gak boleh gak terpaksa harus “Down Stroke” only ! Dan ingat bahwa Blues itu 12/8 ( satu ketuk ada tiga beat ) dan juga irama-nya macam bunyi roda Kereta Api, shuffle – swing.
Anak Makassar pasti gak tau bagaimana itu bunyi Kereta Api, iya kan ? Sulsel gak ada PJKA.

II————-0——————————
II———–/-8——————————
II———–/-9——————————
II———————————————
II———————————————
II———————————————

Setelah itu maka tiba saatnya mainkan Turn Around lick untuk BKJT ( belok kiri jalan terus : Istilah Polisi jika anda dibebaskan tanpa tuntutan ) dan here we go for another chorus !

Ini Posisi yang paling aku suka selain “69” : key of A

BLUES SCALE

II—-15–14—12————————————————————————————–
II———————–16–15–13——————————————————————–
II—————————————–14—12——————————————————-
II——————————————————14–13–12—10——————————-
II——————————————————————————12—10——————-
II——————————————————————————————-12—-10—-

Major Minor Lick, take it from me !

II—–5—3——————————————————————————-
II—————5–4—3———–5–4—3——————————————–
II—————————-5–6—————-b/-5—-2————-2—————
II—————————————————————-4—2——————–
II——————————————————————————3–2–0—
II——————————————————————————————-

Big Band Blues atau Power Trio ?

Jika bermain dengan Piano, Keyboard, dua gitar atau Brass dan Sax maka aku cenderung untuk memperbanyak dosis main Major sebagaimana halnya B.B King.
Tapi jika hanya trio maka aku akan selalu memakai Topi SRV dan memperbanyak Blues Scale serta double stop dan “Drone”.

Bending B.B dan Albert :

Dua dunia bending yang bersebrangan, B.B dengan Major bending-nya yang manis dan modern a’la R N’ B serta Albert King dengan bending Blues Scale-nya yang bagai jeritan pemetik kapas atau narapidana di Missisippi tempo doeloe.
Kedua duanya harus ada dijari anda jika ingin lengkap sebagai Blueser, bending B.B dengan vibrato cepat di jari satu dan bending Albert yang tanpa vibrato.

Sweet Major Bends a’la B.B King :   ( /BR means : Bend and Release Bend )

II–/BR-12—9——————————————————   —>> whole bend
II——————–/BR–12—-10———————–10———  —–>> whole bend
II——————————————/BR-11—-9—————–  —–>> half bend
II————————————————————————-
II————————————————————————-
II————————————————————————-

Blues Bends a’la Albert King :

II–/BR-8—-5——————————————–5———-    whole bend
II——————-/BR-8—-5—————————————-   whole bend
II————————————-/BR-7—5———————–   half bend
II——————————————————-7—————-
II————————————————————————-
II————————————————————————-

Artikel ini akan dijelaskan dengan Audio Tracks dan Pdf, as soon as i’ve done with them.
Meanwhile, nonton lagi film “Cross Road” dan ingat inga..bunyi Roda Kereta Api !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s