Tentang Gitar Funk

By : Andrie Tidie [ http://www.gitargila.com ]

 

guitar funk

guitar funk

 

( Coba di kunci A7 dengan notes kaya’ ini : snar satu di fret 9 dan snar dua di fret 8.
Untuk chord D7 turunin double stops itu satu fret kebawah di 8 dan 7.
Kemudian untuk chord E7 naikkan ke fret 10 dan 9.)

Diatas itu adalah Tablature versi kata kata, jadi mainkan snar satu di fret 9 dengan snar dua di fret 8 ( double stop note G snar dua dan C# snar satu ), dimainkan sebagai double stop ( bukan chord karena hanya terdiri dari dua not ).

Ide rhythm Funk adalah :

Gitar dimainkan sebagai alat perkusif yang pegang tempo,
sehingga tehnik picking tangan kanan harus presisi dan akurat.

Nada nada yang dimainkan hanyalah chord tones ( nada paling penting dari chord ),
merupakan suatu pola yang ber-ulang ulang dengan se-sedikit mungkin variasi.
Karena variasi hanya akan memperkecil “Impact” dari pola tersebut.

Suatu aransemen Funk terdiri dari beberapa Pola yang saling ber-kompliment satu sama lain nya, pertama ada Bass Line, kemudian Gtr 1 dan Gtr 2 yang masing masing memainkan pola yang berbeda tapi saling mengisi.
Pada saat “Break” maka biasanya dimainkan suatu pola “Unison” untuk satu atau dua bar.

Umumnya pola gtr hanya terdiri dari satu atau dua dan paling banyak 3 note voicing.
Tidak pernah memainkan chord full, hanya broken chord.
Biasanya memainkan ekstensi nada natural seperti 9 atau 13 ( 6 ) dan paling “Outside” adalah # 9 ( a’la Jimi Hendrix ), hanya itu.
Jangan memakai ekstensi altered seperti b 9, # 5 etc.
Karena umumnya chord Funk yang dominanth 7 itu adalah statis tidak berpindah untuk waktu yang agak lama, sehingga bukan suatu chord yang bisa di tambahkan Altered Tension.

Teori-nya Altered Tension hanya dipakai pada chord Dominanth yang sedang bergerak menuju / ber-resolusi pada chord lain, moving dominanth chord.
Sedangkan pada static dominanth chord dipakai extension yang natural.

Umumnya Funk dimainkan dengan beat 16th ( seperenam-belas/ satu ketuk dibagi 4 ) tapi ada juga slow funk yang main 8th ( satu ketuk dibagi 2 ).

Paling cepat belajar Funk adalah memakai Drum Machine dan mem-program-nya sendiri, memakai grid 16th, satu ketuk dibagi 4. Sehingga ada 16 beat dalam satu birama.
Bermain main lah dengan hanya 2 bar ( birama ) yang di-Loop dan membentuk beberapa pola beat Drum yang menarik. Untuk pegang tempo berikan pada Hi-Hat yang konstan 16th dan Bass Drum sebagai nada low dari gtr serta Snare Drum sebagai nada aksen dari chord gtr.
Hi-Hat yang 16th itu adalah ayunan picking hand kita.

Coba pelajari Pola Drum Pattern dari style Funk dan buat pola lain berdasarkan itu, agar mengerti pattern Funk dan aksen aksen-nya.
Hampir selalu Funk dimainkan dengan gitar Fender Strat, almost always, tidak pernah pakai Humbucker, selalu Single Coil. Well, kecuali Metal Funk a’la Nuno.

Download di Google / Rapid Share, tabs dari “James Brown” atau “P-Funk” dan “Sly and The Family Stones” atau “Tower of Power” dan “Rufus and Chaka Khan – Live at Filmore east” ataupun old recording of Ike and Tina Turner.
Ini semua adalah “Source” dari Funk yang pastinya sudah dipelajari semua oleh Band Band kaya’ RHCP ataupun Extreme.

Sedikit contoh permutasi Funk :

Konstan 16th.               Beat 1             Beat 2              Beat 3               Beat 4
1 2 3 4            1 2 3 4              1 2 3 4              1 2 3 4

Permutasi .                  Beat 1             Beat 2              Beat 3               Beat 4
1 2 . 4             1 2 . 4              1 2 . 4                 . 2 . 4

Beat 1             Beat 2              Beat 3               Beat 4
1 2 3 4             . .  3 4              1. . .                 1 2 . .

Etc etc lakukan permutasi sendiri…dan coba dengan Hi-Hat di Drum Machine untuk mengenal bagaimana bunyinya. Tambahkan Aksen pada awal phrase 1 bar dan aksen selanjutnya terserah dimana, aksen is segala galanya. Tanpa aksen is Sayur tanpa Garam.

NB. Tangan kanan harus kuat sekaligus santai, jangan sampai ada friksi atau pegal otot.
Flicking..seperti lagi mau buang ingus yg nempel ditangan..;-)
Radius Pendulum dari picking hand sekecil mungkin kaya’ mesin pabrik, jangan berlebihan,
cukup hanya yang diperlukan agar mendapatkan attack yang aggresive karena Funk tidak
boleh loyo.

Tangan kiri harus banyak damping termasuk jempol sehingga hanya dua atau tiga note yang berbunyi maksimal, pakai juga bunyi “scratching” dari snar yang di damping seperti halnya Michael Jackson memakai tarikan nafasnya sebagai alat rhythm.

Remember : Beat and subdivision of beat, always stay deep in the groove, in the pocket !
Kadang tergantung lagunya kalau kita harus main “Laid back” atau “Right on Beat” ataupun “In Front of Beat – anticipate”.

Check out : John Frusciante of RCHP.
Home Work : Pelajari Intro dari “Voodoo Chile Slight Return” seperti aslinya semirip mungkin, intronya aje…

Ok, bye Dude ! Remember : Tight – Ketat seperti kaos T-Shirt junky and staccato !
Psychological Mindset Mode : Black Dude from Detroit City.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s