Mengerti tentang permainan Substitusi John Coltrane

By : Andrie Tidie [ http://www.gitargila.com ]

John Coltrane

John Coltrane

 

Mengerti tentang permainan Tenor Sax dari John Coltrane

Ada dua periode style bermain Tenor Sax dari Coltrane, yaitu jaman Bop dan Post-Bop. Periode bermain melewati progresi dijaman Bop dilakukan Coltrane sebagaimana para pemain lain-nya secara struktural. Paling sering dilakukan adalah memakai substitusi Tri-Tone, ingat ini bermain chord-tones..jika mendapat progresi Emin7 ke A7 maka Coltrane akan main chord-tones dari Bbmin7 ke Eb7…..

Lihat bahwa chord asli yang dominan A7 itu ditukar memakai chord dominan yang berjarak b5 yaitu Eb7 didahului dengan chord dua minor-nya secara respective yaitu Bbmin7, ini salah satu subtistusi Coltrane dijaman Bop.

Kemudian lain-nya adalah Subtitusi Mol3 atau subtitusi berjarak 4 fret bagi yang Gitaris, ini adalah tehnik dagang yang aku selalu pakai. Buat chord Emin7 ke A7 maka dimainkan chord-tones Gmin7 ke C7, lihat jarak antara root E ke root G berjarak 4 step alias interval minor 3.

Kedua substitusi diatas sudah cukup untuk membuat permainan anda jadi Jazz yang serius.
Tetapi dalam perkembangan-nya setelah jaman Bop berlalu, ditandai dengan album “Impression” dimana style bermain Modalitas mulai menyeruak dalam trend baru musik Jazz, di-awali dengan album Miles Davis : Kind of Blue, dimana Coltrane juga bermain sebagai Tenor sax sideman bersama Cannonball Adderly pada Alto. Impression menandai perkembangan harmoni dari Coltrane yang baru, substitusi yang lebih rumit dengan permainan Linear yang panjang berkelok-kelok dengan grouping not yang tidak simetris, seperti satu ketuk dibagi 7 atau 5.

Substitusi ini dikenal dengan nama Coltrane Substitution : untuk sekuens Dmin7 G7 ke CMaj7
maka Coltrane akan mainkan masing-masing dua chord sebagai pengganti dari satu chord diatas, yaitu : Dmin Eb7 –  Ab7 B7 – E G7
Latar belakang pikiran-nya dibalik penggantian ini sedikit susah untuk dimengerti tapi berbunyi keren jika dimainkan secara chord-tones. Pola berpikir seperti ini dilakukan dengan cara menentukan target chord dahulu lantas menambahkan chord approach secara back cycle kebelakang. Dalam hal ini Coltrane menentukan chord-tones Ab major pada bar kedua sebagai ganti dari G7, ini substitusi umum untuk memberikan semua not altered pada chord G7 yaitu memakai Major Scale satu step keatas dari chord dibelakang. Kemudian sebagai pengisi lowong sebelumnya maka dipakai Dominan approach sederhana buat Ab tsb, yaitu Eb7 yang diletak-kan sebelumnya setelah chord pertama Dmin7 sebanyak dua ketuk itu.

Kemudian selanjutnya Coltrane kembali melihat secara back cycle dengan pertama menentukan substitusi buat Cmaj7 memakai hal umum yaitu konsep George Russel Lydian Chromatic dengan menggantikan Cmaj7 dengan dua set chord E major sebagai pemberi warna Lydian dan G7 sebagai simple Dominan Approach dari C.

Lantas mengisi kekosongan dua ketuk setelah Ab dan sebelum E memakai Dominan Approach buat E yaitu chord B7….selesai, begitulah pola pikir yang dilakukan Coltrane didalam mebuat Substitusi-nya yang sangat terkenal itu karena berbunyi keren.

Mengapa berbunyi keren ? karena ternyata setelah diselidiki maka terlihat setan atau Jin dari substitusi ini yaitu BLUES. Ke-3 chord Dominan yg terjadi itu, Eb7, B7 dan G7 masing-masing berjarak interval min6, dari Eb ke B adalah interval min6 dan dari B ke G juga interval min6.
Bagi chord dominan ini adalah not b7 dan b5 ( blue-note ), dua interval yang menjadi ciri khas dari Blues adalah interval min5 dari not root dan min6 dari not b7.

Masih mengikuti ? Penjelasan ini butuh konsentrasi pikiran buat di-mengerti.
Ok,mengikuti lick-lick dari pemain Saxophone akan membuat lead gitar anda jadi lebih ber-isi dibandingkan hanya copy lick-lick gitar saja, terutama urusan Phrasing akan membuat permainan anda lebih nyanyi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s